Cara Memainkan Alat Musik Suling (Sulim dalam Bahasa Batak)





Oh iya, setelah kita tau sejarah seruling dan seberapa penting seruling di opera-opera batak,Tentu kita bertanya-tanya bagai mana sih cara memainkan alat musik yang satu ini. Bagaimana sih cara memainkan alat musik Suling?
  •          Memiliki Suling

Tips bermain suling bagi pemula yang pertama adalah baiknya memiliki suling sendiri. Kami sarankan bagi pemula belilah suling yang tidak terlalu mahal terlebih dahulu. Tetapi jika memang ada budget banyak untuk membeli suling mahal juga tidak masalah. Yang terpenting selalu memainkan suling sehingga kita terbiasa dengan alat musik suling. Karena belajar suling tidak bisa hanya dibayangkan saja, tetapi harus dipraktekkan juga.


·         Belajar Nada Pada Suling


Nah, untuk bisa memainkan alat musik yang satu ini sobat haruslah memahami betul tentang notasi yang terdapat pada seruling. Notasi yang terdapat pada seruling sebetulnya sangatlah sederhana dan tidak serumit yang dipikirkan banyak pemula atau orang-orang yang tidak menaruh minat sama sekali pada alat musik ini. Jadi perhatikan betul, notasinya seperti ini. 

-          Apabila semua lubang pada seruling kita tutup maka itu berbunyi do rendah. 
-          Jika satu lubang yang paling bawah kita buka, maka menghasilkan nada re. 
-          Apabila dua lubang terbawah kita buka, maka menghasilkan nada mi. 
-          Bila tiga lubang terbawah yang kita buka, maka menghasilkan nada fa. 
-          Lalu, apabila kita membuka empat lubang terbawah akan menghasilkan nada sol. 
-          Selanjutnya, bila kita buka semua lubang sekaligus maka akan menghasilkan nada si. Namun pada   kesempatan tertentu ada juga pemain seruling yang  membuat nada si dengan menutup satu lubang yakni lubang kedua (dari atas).
-          Nah, terakhir untuk menghasilkan nada do tinggi maka kita harus menutup semua lubang sama seperti saat membuat nada do rendah. Ada juga yang membuat do tinggi dengan membuka satu lubang yang paling atas. 


  • Mencoba Memainkan Lagu

Tips bermain suling bagi pemula yang ketiga adalah dengan mencoba memainkan beberapa lagu atau nada dengan alat musik suling. Cara ini bisa juga menggunakan media bantu buku-buku notasi-notasi lagu ataupun lewat media internet. Jika ingin dengan cara mendengarkan secara langsung nada lagu tersebut lalu memainkannya, ini justru sangat bagus dan sangat dianjurkan. Hal ini bisa melatih kepekaan anda terhadap nada-nada yang anda dengar.


  •       Latihan Keras dan Konsisten

Tips bermain suling bagi pemula yang keempat adalah dengan cara latihan keras dan konsisten. Dengan latihan yang keras dan sungguh-sungguh akan memacu dan membuat kemampuan kita bertambah dalam bermain suling. Latihan dengan konsisten dengan cara mengambil beberapa jam dalam sehari untuk bermain dan belajar suling. Lakukan hal ini.

Oh iya nih teman-teman ngomongin alat musik tradisional Batak Toba aku jadi ingat sama adat aku plus rindu sih, kita bahas dikit yu apa sih adat Batak itu...


Kebudayaan terjadi karena adanya faktor-faktor yang mendukung terjadinya kebudayaan itu. Dalam masyarakat Batak Toba, dapat kita temukan adanya kebudayaaan yang berisikan adat isitiadat dan juga kesenian. Hal ini masih tetap dilaksanakan dalam tatanan kehidupan masyarakat Batak pada masa kini dan merupaan suatu hal pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang Batak itu sendiri. Adat merupakan warisan dari leluhur yang harus dilanjutkan oleh generasi berikutnya yang merupakan pedoman kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Di dalam adat terdapat unsur hukum, aturan dan tata cara yang mengatur tentang hubungan manusia dan manusia. Menurut masyarakat Batak Toba, adat merupakan pemberian Mulajadi Na Bolon9 yang harus dituruti oleh makhluk penciptanya. Adat inilah yang menjadi hukum bagi setiap orang yang memberikan pengetahuan tentang cara kehidupan untuk membedakan yang baik dan yang buruk. Adat adalah kebiasaan atau hasomalan yang berarti aturan-aturan yang dibiasakan. Pengertian lain yaitu kebiasaan di suatu tempat atau yang terdapat pada suatu kelompok marga yang berasal dari orang-orang tua dan diwariskan secara turun temurun, berupa pesan tentang aturan dan hukum yang tidak boleh diabaikanatau dilupakan.

Hukum adat yang merupakan pemberian dari Mulajadi Na Bolon sebagai perintah yang harus dituruti bermula dari kebiasaan adat yang dilaksanakan oleh sekelompok masyarakat. Oleh karena itu, tertanam suatu kepercayaan pada masyarakat Batak Toba terhadap hukum adat itu sendiri. Masyarakat Batak Toba meyakini bahwa apabila adat diikuti dan dilaksanakan maka orang tersebut dipercaya akan mendapat berkah, sedangkan orang yang tidak peduli dengan adat tersebut akan mendapat bala (hukum tersirat).

Secara teologis, adat adalah bentuk keseluruhan suatu agama suku, adat merangkum, meresapi dan menentukan suku atau bangsa dengan cara yang bagaimanapun. Adat menghubungkan orang yang hidup yang kelihatan dengan orang yang mati yang tidak kelihatan; adat mengatur tata tertib sosial untuk desa sebagai persekutuan hukum, persekutuan produksi, dan persekutuan agama; adat mempertahankan daya hidup mitos dimana kekuatannya terdapat pada nomisme, yaitu sikap hukum yang alamiah dan tujuannya ialah utk tercapainya kelanggengan dan keselarasan antara makrokosmos dan mikrokosmos. Dalam keseluruhan aspek ini, dunia binatang dan tumbuh-tumbuhan disatu-padukan sepenuhnya sama seperti dunia alam dan cakrawala. Adat mepunyai corak bermotif sebab ia mempunyai dasar dalam mitos yang merupakan konsepsi suatu bangsa untuk memahami dirinya. Oleh karena itu, adat adalah bagian lahiriah serta pengembangan mitos dalam kehidupan bersama dan penerapannya dalam segala seluk belukn kehidupan

Sekian Dulu yah teman-teman semoga apa yang aku sampai kan bermanfaat bagi kita semua kalo ada salah salah kataku yang kurang mengenakan atau menyinggung hati teman taman maafin ya ðŸ˜Š
#IkutiJamanMuJanganTinggalkanBudayamu

Komentar

  1. Bagaimana cara membuat suling batak ini?
    Bahannya bambu jenis apa? Bagaimana jarak ukuran lobang per lobang?

    Kalau saya lihat pada gambar di blog ini, tampaknya jarak ke 6 lobang masing masing sama, sementara ada gambar dari website lain menunjukkan lubang ke 3 dan ke 4 agak dekat dari lobang yg lainnya../

    Dari kedua tipe tersebut bagaimana perbedaan nada-nya?

    BalasHapus
  2. Office : CV. Bahagia Stkses Makmur
    No.tlp : 081977000899 (dewi)
    Alamat : Taman ubud cendana 1 No.19 Lippo village

    https://dewibsmproperty.blogspot.com/
    https://www.facebook.com/bsm.property.77
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://www.linkedin.com/in/bsm-property-dewi-b67112209/
    http://iklanmart.com/iklan/jual-rumah-murah-jauh-dari-pusat-kota-tangerang-081977000899-dewi.html
    https://sites.google.com/d/11AIDNcnPl9snxZGYdYS0RtKFDmfK8bYY/p/1Gzo7UhVzqGQST9TVAxrJzH1gmM_xa7BJ/edit
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/10/du-jual-tanah-kosong-dari-tangan-pertama-tangerang-081977000899-dewi/
    https://id.pinterest.com/dewibsmproperty/_saved/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SERULING BATAK

Pengaruh Sulim dalam Opera Batak